Cara Menambahkan Control Panel di Klik Kanan Windows 10 - IF Repair

Cara Menambahkan Control Panel di Klik Kanan Windows 10

Cara Menambahkan Control Panel di Klik Kanan Windows 10



Pengguna sistem operasi windows pasti sudah mengetahui apa itu Control Panel. Control Panel adalah sistem antarmuka yang digunakan oleh pengguna windows untuk melakukan perubahan pada pengaturan OS Windows. Meskipun sekarang di windows 10 sudah ada “Settings App”, Control panel masih belum bisa luput dari para pengguna windows versi sebelumnya. Nah, untuk yang sering menggunakan control panel, windows 10 juga masih menyediakan Control panel, namun banyak orang yang belum tau dimana letaknya. Untuk memudahkan akses, akan lebih cepat apabila kita menambahkan opsi control panel pada context menu (menu yang tampil saat kita klik kanan di dekstop).

Lalu bagaimana Caranya ?

Untuk menambahkan opsi control panel di context menu, kita bisa melakukannya dengan sedikit pengaturan di registry. Ikuti langkah-langkah berikut ini :
  1. Masuk ke Run (Windows+R) lalu ketik "regedit".

  2.  Kemudian buka menu : 
  3. HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\Background\shell

  4. Selanjutnya buatlah key baru. Klik kanan pada kolom sebelah kanan, pilih new, kemudian pilih key. Beri nama key tersebut “Control Panel”. Kemudian masuk ke direktori tersebut.

  5. Di dalam Control Panel, buatlah lagi key baru dengan nama “command”.

  6.  Kemudian masuk ke command, double klik pada (Default) untuk membuka jendela properties.

  7. Di dalam properties, isi valued data seperti di bawah ini
  8. rundll32.exe shell32.dll,Control_RunDLL

  9. Selesaai..

    Untuk menguji apakah sudah berhasil atau belum, silahkan klik kanan di dekstop, dan lihat apakah sudah ada menu control panel atau belum.

    Semoga Postingan ini bermanfaat untuk anda.
    Load comments