Cara merubah Urutan pada Drive di Windows - IF Repair

Cara merubah Urutan pada Drive di Windows

Cara merubah Urutan pada Drive di Windows



Mungkin anda pernah menemukan huruf pada bagian drive disk komputer atau laptop anda tidak seperti yang biasa Anda lihat. Misalnya di komputer atau laptop yang digunakan, anda menginginkan CD-ROM anda hurufnya E:\, tetapi yang anda lihat bukan  E:\ tetapi D:\ misalnya.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit mengulas tentang bagaimana caranya agar huruf pada partisi HardDisk anda berubah sesuai dengan apa yang anda inginkan. Namun yang  perlu Anda ingat bahwa cara merubah huruf pada partisi HardDisk kali ini hanya berlaku untuk anda yang menggunakan komputer atau laptop dengan sistem operasi windows.

Ulasan ini juga sangat cocok bagi yang sering menginstall sistem operasi Windows, terkadang setelah selesai dan Hardisk terbagi dalam beberapa partisi, urutan partisi tidak seperti biasanya, mungkin drive CD-ROM tidak berada di akhir urutan. Hal ini sebenarnya tidak berpengaruh terhadap kinerja komputer, hanya saja biasanya drive CD-ROM berada di urutan paling akhir dan jika tidak, sering membuat bingung.

Bisa dibayangkan bagaimana bingungnya mereka ketika hendak mencari drive tempat penyimpanan data misalnya. Selain itu tampilan di windows explorernya pun akan menjadi acak dan tidak sedap di pandang mata. Untuk mengatasi hal tersebut, terdapat cara praktis tanpa harus menggunakan atau menginstall aplikasi lainnya. Anda hanya cukup menggunakan control panel pada laptop atau komputer Anda. Tentunya jika komputer atau laptop anda menggunakan sistem operasi windows.

Caranya sebagai berikut :
  1. Buka Control Panel. Start Menu > Control Panel
  2. Pilih Administrative Tools
  3. Pilih Computer Management
  4. Di bagian storage, pilih Disk Management
  5. Maka akan terlihat tampilan formasi partisi hardisk kita.
  6. Untuk mengubah Drive letter, klik kanan partisi yang diinginkan, lalu pilih menu Change Drive Letter and Paths...
  7. Kemudian pilih change, dan ganti urutan drive yang tersedia.

Semoga Postingan ini bermanfaat untuk anda.
Load comments